Rabu, 22 Juni 2011

BELAJAR


BELAJAR
Oleh:
Rani Ristiyanti & Esty Winarni
=====================================================================
“Living is learning” dari sepenggal kalimat ini memberikan gambaran bahwa belajar merupakan hal yg sangat penting. Hampir semua pengetahuan, sikap, keterampilan, perilaku manusia dibentuk, diubah melalui belajar. Kegiatan belajar dapat dilakukan dimana saja dan kapan saja
Apa Pengertian Belajar Itu???
1.      (Skinner) “Learning is a proses of progessife adaption” : proses adaptasi perilaku yg bersifat progesif (adanya tendensi ke arah yg lebih baik dari keadaan sebelumnya.
2.      (McGeoch) “learning is a change in performance a result of practice” : belajar membawa perubahan dan perubahan itu akibat dari latihan.
3.      (Morgan, dkk) “Learning  can be definded as any relatively permanent change in behavior which occurs as a result of practice or experience” : perubahan perilaku  itu relatif permanen/ menetap dalam tingkahlaku yg terjadi sbg hasil dr latihan atau pengalaman.
Beberapa hal mengenai belajar
1.      Belajar merupakan suatu perubahan dalamtingkah laku.
2.      Belajar merupakan suatu perubahan yg terjadi melalui latihan atau pengalaman.
3.      Untuk dapat disebut belajar, maka perubahan itu harus relatif menetap.
4.      Belajar adl suatu perubahan kemampuan bereaksi yg relatif langgeng sebagai hasil latihan yang diperkuat.
5.      Belajar adl suatu proses yg secara umum menetap, ada kemampuan bereaksi, adanya suatu yg diperkuat dan dilakukan dalam bentuk praktik (latihan)
6.      Tingkah laku yg mengalami prubahan kemampuan bereaksi yg relatif langgeng sbg hasil latihan yg diperkuat.
7.      Belajar adalah proses memperoleh pengetahuan.
Belajar sebagai suatu proses
            Karena belajar merupakan suatu proses, maka dalam belajar adanya masukan, yaitu yg akan diproses dan adanya hasil dari proses tersebut.
           
            dari bagan diatas dapat dikemukakan bahwa belajar merupakan sesuatu yg terjadi dlm diri individu yg disebabkan oleh latihan atau pengalaman, hal ini menimbulkan perubahan dalam perilaku. Sudah jelaslah bahwa proses belajar terdapat dalam individu yg belajar, yg kemudian menghasilkan perubahan dalam perilakunya.
Belajar sebagai suatu system
            Banyak faktor yg mempengaruhi proses belajar. Individu yg akan belajar, rumah, sekolah, gedung, peraturan, suasana ramai atau sunyi saling berinteraksi dalam proses belajar, yg pada akhirnya akan mempengaruhi hasil nilai belajar. Apabila salah satu faktor terganggu, maka proses dan hasilnyapun akan terganggu juga, masing-masing faktor tsb saling kait mengkait dengan satu sama lain krn belajar itu merupakan suatu sistem.
Bagaimana proses belajar itu berlangsung??
1.       Belajar Dan Kematangan
            Suatu organ dalam diri dikatakan matang jk telah mencapai kesanggupan untuk menjlnkan fungsi masing-masing. Kematangan terjadi dg sendirinya dari alam sedang belajar membutuhkan kegiatan yg disadari, latihan, aktivitas, konsentrasi, terjadi dari perangsang luar.
2.       Belajar dan Penyesuaian Diri
            Penyesuaian diri merupakan suatu proses yg dapat mengubah tingkah laku manusia. Manusia dalam kehidupannya setiap hari belajar namun tidak semua belajar adl penyesuaian diri.
           
3.      Belajar dan Pengalaman
            mengalami sesuatu belum tantu belajar namun tiap-tiap belajar berarti juga megalami sesuatu.
4.      Belajar dan Bermain
5.      Belajar dan pengertian
6.      Belajar dan mengingat
7.      Belajar dan latihan
Teori belajar
1.      Teori Classical Conditioning (Ivan Petrovich Pavlov, 1489-1936)
            gerakan-gerakan refleks itu dapat dipelajari, dapat berubah karena latihan.
2.      Teori Instrumental Conditioning (Burhus Frederic Skinner, 1904)
            Menurut Skinner tingkah laku bukanlah sekedar respon terhadap stimulus, tp merupakan suatu tindakan yg disengaja, dipengaruhi oleh apa yg terjadi sesudahnya.
3.      Teori Kognitif Learning (Walter Mischel)
            Mengusulkan 5 kategori variabel seseorang menerima dan mempersatukan perangsang dalam lingkungan yaitu kemampuan menyusun, menyusun strategi dan membentuk pribadi, harapan hasil tingakah laku dan hasil stimulus dlm situasi tertentu, nilai stimulus yg subjektif, sistem pengaturan diri dan perencanaan.
4.      Teori Belajar Sosial (Albert Bandura)
            Kemampuan seseorang untuk mengabstraksikan informasi dari perilaku orang lain, mmengambil keputusan mengenai perilaku mana yg akan ditiru dan kemudian melakukan perilaku-perilaku yg dipilih.
Faktor-faktor yang mempengaruhi belajar
1.       Faktor Individual: faktor yg ada pada diri organisme itu sendiri antara lain: faktor pertumbuhan, kecerdasan latihan, motivasi dan faktor pribadi
2.      Faktor Sosial: faktor yg ada di luar individu, antara lain: faktor keluarga, guru dan car mengajarnya, alat-alat yang digunakan dalam mengajar lingkungan, kesempatan yg tersedia dan motivasi sosial.



 



0 komentar:

Posting Komentar

apakah anda puas dengan sistem pendidikan yang ada di universitas anda?

Powered By Blogger

Pengikut

About Me

Foto Saya
kependidikanislam2010
Lihat profil lengkapku